Selasa, 12 Juli 2011

Sofware Untuk Ubah Teks Jadi Suara

Text To Speech / TTS merupakan salah satu software unik , sofware ini bisa kita gunakan untuk merubah teks menjadi suara. Dengan software ini tulisan yang ketik pada komputer akan dibacakan langsung oleh software TTS tersebut. Wah komputernya jadi bisa ngomong nih. Sangat menarik dan sangat membantu saya dalam belajar English.
TTS ini pernah juga saya gunakan dalam pembelajaran di hadapan siswa saya di SD N 1 Kebumen, wah mereka kagum juga komputer bisa ngomong. Suas(ana kelas jadi rame dan merekapun semakin penasaran. Apalagi logat yang digunakan komputer menggunakan logatnya orang bule. Gak fasih Indonesia dan kadang salah ucapan. Maklum saja karena saya menggunakan Text To Speech Bahasa Inggris yang saya unduh di http://www.xrlly.com/text-to-speech.htm ( trial , ukuran 8 Mb ).
Tapi ada juga loh sofware TTS buatan orang Indonesia yaitu IndoTTS, malahan sofware itu sudah dikembangkan sejang tahun 2000 an oleh Pak Akhmad Arman and ITB. Apalagi sofware ini beliau bagikan secara gratis di website nya http://indotts.melsa.net.id/index.html ( ukurannya hanya 6 Mb ), meskipun kecil namun banyak manfaatnya.
Silahkan jika anda ingin mencobanya , mudah-mudahan berguna.

Related Article:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar


 

Jejaring sosial

Saran

tombol masukan dan saran
Copyright 2010 Yani Rasmadi. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog