Selasa, 12 Juli 2011

CONTEKSTUAL TEACHING AND LEARNING

A. Pengertian

1. Merupakan konsep belajar yang membantu guru mengkaitkan konten mata pelajaran dengan situasi dunia.

2. Memotivasi siswa membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya.

B. Komponen-komponen CTL

1. Konstrutifisme

· Membangun pemahaman mereka sendiri dan pengalaman baru berdasarkan pada pengetahuan awal.

· Pembelajaran harus dikemas menjadi proses “mengkonstrusi”bukan menerima pengetahuan

2. Inquiri

· Proses perpindahan dari pengamatan menjadi pemahaman

· Siswa belajar menggunakan ketrampilan kritis

3. Questioning

· Kegiatan guru untuk mendorong, membimbing, menilai kemampuan berpikir siswa.

· Bagi siswa yang merupakan bagian penting dalam pembelajaran yang berbasis inquiry.

4. Learning Community

· Sekelompok orang yang terikat dalam kegiatan belajar

· Bekerja sama dengan orang lain lebih baik daripada belajar sendiri

· Tukar pengalaman

· Berbagi ide

5. Modeling

· Proses penampilan suatu contoh agar orang lain berpikir, bekerja dan belajar

· Mengerjakan apa yang guru inginkan agar siswa mengerjakan

6. Reflection

· Cara berpikir tentang apa yang telah kita pelajari

· Mencatat apa yang telah dipelajari

· Membuat jurnal, karya seni, diskusi, kelompok

7. Authentic Assesment

· Mengukur pengetahuan dan keterampilan siswa

· Penilaian proses

· Tugas-tugas yang relevan

C. Karakteristik pembelajaran CTL

1. Kerja sama

2. Saling menunjang

3. Menyenangkan,tidak membosankan.

4. Belajar dengan bergairah.

5. Pembelajaran terintegrasi.

6. Menggunakan berbagai sumber.

7. Siswa aktif.

8. Sharing dengan temen.

9. Siswa kritis,guru aktif

10. Dinding dan lorong penuh dengan hasil kerja siswa, peta-peta, gambar,artikel dan humor

11. Laporan kepada orang tua bukan hanya raport tetapi hasil karya siswa, laporan pratikum, karangan siswa.

D. Beberapa strategi pengajaran yang perlu dikembangkan guru secara kontektual

1. Pengajaran berbasis masalah

Sebelum mulai PBM di kelas, siswa diminta terlebih dahulu untuk mengopserfasi suatu fenomena dan mencatat permasalahan-permasalahan yang muncul.

2. Memanfaatkan lingkungan siswa untuk memperoleh pengalaman belajar.

3. memberikan aktifitas kelompok.

4. Membuat aktifitas belajar dan kerja sama dengan masyarakat

5. Menerapkan penilaian otentik

E. Penerapan pendekatan kontekstual di kelas

CTL dapat diterapkan dalam kurikulum apa saja, dan kelas bagaimanapun keadaannya pendekatan CTL dalam kelas cukup mudah. Secara garis besar langkahnya adalah

1. Kembangkan pemikiran bahwa anak akan lebih bermakna dengan cara bekerja sendiri dan mengkontruksi sendiri pengetahuan dan keterampilan baru.

2. Laksanakan sejauh mungkin kegiatan inquiri untuk semua topik.

3. Kembangkan sifat ingin tahu siswa dengan bertanya.

4. Ciptakan masyarakat belajar.

5. Hadirkan model sebagai contoh pembelajaran.

6. Lakukanlah refleksi di akhir pertemuan.

7. Lakukan penilaian sebenarnya dengan berbagai cara.

Related Article:
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar


 

Jejaring sosial

Saran

tombol masukan dan saran
Copyright 2010 Yani Rasmadi. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog