Minggu, 31 Juli 2011

Belajar Microsoft Access 2007 Bagian 5 : FORM WIZARD

Form mempermudah kita untuk melihat, menambah, memperbaiki, mencari, ataupun mengolah data.
Untuk pertama kalinya kita akan belajar membuat form dengan menggunakan WIZARD dan memang cara ini adalah cara yang paling mudah. Adapun langkah langkahnya :
1.  Pilih menu CREATE => MORE FORMS => FORM WIZARD.
2. Pada layar FORM WIZARD, pilihlah nama table yang ingin dibuatkan formnya pada bagian TABLES/QUERIES. Lalu masukan field field yang ingin dipakai pada AVAILABLE FIELDS.
Contoh :
- pilihlah TABLE_BARANG lalu masukan semua field yang ada ke bagian sebelah kanan dengan menekan tombol “ >> “ untuk memasukan semuanya sekaligus atau “ > “ jika ingin memasukannya satu persatu. Jika ingin membuang field maka gunakan “ << ” untuk membuang sekaligus atau “ < “ untuk membuang satu persatu.
3. Setelah semua field dimasukan ke bagian sebelah kanan, pilih NEXT.
4. pilihlah LAYOUT yang diinginkan. Sebagai contoh pilihlah yang COLUMNAR. Lalu klik NEXT.
5. pilihlah STYLE yang diinginkan. Sebagai contoh pilihlah yang OFFICE. Lalu klik NEXT.
6. masukanlah nama dari form tersebut. Sebagai contoh berilah nama FORM_BARANG. Dan pada bagian pilihan yang ada dibawahnya jika ingin langsung melihat hasil form tersebut atau memasukan data silahkan pilih yang OPEN THE FORM TO VIEW OR ENTER INFORMATION. Tapi jika ingin mendisain dan merubah form tersebut silahkan pilih yang MODIFY THE FORM’S DESIGN.
7. tekan FINISH untuk menyelesaikan langkah langkah pembuatan form dengan wizard ini. Dan lihatlah hasil dari form yang telah anda buat.
8. perhatikan pada bagian paling bawah dari form yang sudah jadi tersebut terdapat tool tool RECORD :
- tanda “ I< “ untuk menuju ke data yang paling awal
- tanda “< “ untuk menuju ke data yang sebelumnya
- tanda “ > “ untuk menuju ke data yang sesudahnya
- tanda “ >I “ untuk menuju ke data yang paling akhir
- tanda “ > dan warna kuning ” (NEW BLANK RECORD) digunakan untuk menambah data baru.
- angka yang ada pada CURRENT RECORD menunjukan urutan data yang sedang dilihat.
9. lakukan pembuatan form untuk TABLE_PEMBELI dan QUERY _TRANSAKSI dengan menggunakan langkah langkah seperti diatas dari pertama hingga langkah yang terakhir. Simpan kedua form tersebut dengan nama FORM_PEMBELI dan FORM_TRANSAKSI.

Related Article:

0 komentar:

Poskan Komentar


 
Copyright 2010 Yani. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog